Pernah atau sering gagal mencapai tujuan, mungkin sampai berkali-kali? Tak perlu khawatir, kita tidak sendiri, banyak orang lain yang juga mengalami kegagalan. Bahkan tokoh terkenal maupun ilmuwan pernah menemui kegagalan.
Yang terpenting, jangan sampai kegagalan membuat kita terpuruk. Lihat kegagalan sebagai hal biasa dalam kehidupan sehingga kita tidak terlalu meratapinya. Ingatlah kegagalan bukan akhir segalanya. Kita harus bisa bangkit dan menatap masa depan.
Begitu banyak kisah inspiratif dari tokoh terkenal yang mengubah kegagalan menjadi prestasi membanggakan. Sebut saja Albert Einstein, ilmuwan yang terkenal cerdas dengan teori relativitasnya. Kisah hidup Einstein tidak seperti kebanyakan orang; hingga usia 4 tahun ia tidak bisa berbicara. Bisa dibilang ia terlambat bertumbuh ketimbang anak-anak normal lainnya.

Begitu juga dengan kemampuan membaca, Einstein mengalami kesulitan hingga usianya 7 tahun. Meski begitu, ia tidak putus asa. Tahun 1922, ia dianugerahi Penghargaan Nobel Fisika untuk pengabdian Fisika Teoretis dan penemuan hukum efek fotolistrik.
Lain halnya dengan Henry Ford yang sukses mendirikan Ford Motor Company, salah satu perusahaan otomotif terbesar di dunia. Jatuh bangun sempat dialaminya. Bahkan saat usia 36 tahun, Ford mendirikan perusahaan bernama Detroit Automobile Company yang kemudian bangkrut. Tidak ada kata menyerah, dua tahun berikutnya ia membangun perusahaan Henry Ford Company, namun tetap mengalami kegagalan alias bangkrut. Henry Ford tetap bangkit dan menciptakan produk model T yang legendaris. Kini, perusahaannya terkenal dan berhasil menjual jutaan unit mobil di seluruh dunia, termasuk Indonesia.



Kegagalan Orang-Orang Terkaya Dunia
Kisah inspiratif juga datang dari tokoh-tokoh yang saat ini menjadi teladan banyak orang, bahkan masuk daftar tokoh terkaya dunia. Bill Gates yang sukses dengan Microsoft-nya, contohnya. Ia pun pernah mengalami kegagalan.
Awalnya Bill Gates bekerja sama dengan Paul Gilbert dan Paul Allen menciptakan Traf-O-Data, sebuah mesin yang berfungsi untuk memproses data traffic. Kegagalan ia alami ketika ingin mempresentasikan mesin tersebut kepada Seattle Country. Tanpa disangka-sangka mesin tersebut rusak. Meskipun saat itu bingung dan kalut, Gates tidak berhenti untuk terus berinovasi hingga akhirnya ia berhasil menciptakan Microsoft yang manfaatnya dinikmati banyak orang sampai saat ini.

Sedikit berbeda dengan pendiri Facebook, Mark Zuckerberg. Saat kuliah, Zuckerberg membuat situs bernama Facemash, yakni sebuah situs kontak jodoh. Untuk membuatnya, ia membobol data di kampusnya, Harvard University. Akibat ulahnya, ia diancam drop out karena menggunakan data internal kampus dan situs Facemash pun ditutup.
Belajar dari pengalamannya, Mark kembali membuat situs The Facebook yang dibuat untuk kalangan kampus. Hanya dalam 2 minggu setelah dirilis, Facebook digunakan separuh jumlah mahasiswa Harvard. Hingga kini, Facebook memiliki pengguna lebih dari 1 miliar. Ya, usaha dan kerja kerasnya membuahkan hasil positif. Ia bersama rekan-rekannya menjadi tokoh muda terkaya di dunia.
Dari beberapa kisah inspiratif di atas, dapat disimpulkan bahwa kita tidak boleh mudah menyerah untuk meraih kesuksesan. Ada banyak cara menuju kesuksesan. Yang pertama, mulai dengan meyakinkan diri bahwa kita bisa sukses. Lantas, tetapkan tujuan. Segera berbenah diri jika menemui masalah. Kegagalan bukan untuk ditakuti melainkan menjadi pembelajaran dan pengalaman. Bahkan, ada sebagian orang yang menyebutkan kalau kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda...